E-SYARIAH JOURNAL

Widget Slideshow

Thursday, May 31, 2012

STRATEGI MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING


oleh M SUPRANOTO - 2009 - Artikel terkait
Program Studi Magister Manajemen Universitas Diponegoro. Disusun oleh ...... sangat penting dalam lingkaran pasar global yang sangat bersaing. Keunggulan ...

ABSTRAKSI

Penelitian ini menganalisis pengaruh orientasi pasar, inovasi, dan orientasi kewirausahaan
terhadap keunggulan bersaing untuk meningkatkan kinerja pemasaran. Rumusan masalah adalah
bagaimana menciptakan keunggulan bersaing untuk meningkatkan kinerja pemasaran.
Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah industri pakaian jadi skala kecil dan
menengah di Semarang yang berjumlah 170 industri. Dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 150 industri. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jawaban nilai 1 ( sangat tidak setuju ) sampai dengan 10 ( sangat setuju ). Alat analisis data yang digunakan adalah  Structural Equation Modelling (SEM) melalui program AMOS 6.0.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa model penelitian dapat diterima dengan  goodness of
fit, yaitu chi-square= 234,552 ; probabilitas= 0,058 ; GFI= 0,873 ; AGFI= 0,841 ; TLI= 0,985 ; CFI= 0,987 ; CMIN/DF= 1,161 ; dan RMSEA= 0,033. Semua hipotesis dapat diterima setelah dilakukan analisis SEM. Hal ini berarti orientasi pasar, inovasi, dan orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing dan selanjutnya keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran.
Secara umum kesimpulan dari hasil pengujian model yang diterapkan pada industri pakaian
jadi skala kecil dan menengah di Semarang menunjukkan bahwa keunggulan bersaing dapat dicapai melalui  orientasi pasar, inovasi, dan orientasi kewirausahaan, dimana keunggulan bersaing yang dihasilkan perusahaan dapat meningkatkan kinerja pemasaran. Penelitian ini memberikan beberapa keterbatasan penelitian serta agenda penelitian mendatang yang bisa dilakukan pada penelitian lanjutan.


Kata kunci:  Orientasi Pasar, Inovasi, Orientasi Kewirausahaan, Keunggulan Bersaing, Kinerja
Pemasaran.   

download pdf

No comments:

Post a Comment

Post a Comment