| PDF - Published Version 2616Kb  | 
Abstract
ABSTRACT
The competition among fund raising particularly in savings by Banks in 
Semarang municipality has become more tight, so that marketters at each 
Banks try to raise their funds by knowing the wants and the needs of 
Customers through their behavior.
The aim of this research is know the relationship between access 
variable, communication, human resource competence, management 
reputation, row model, credibility, reliability, sureness, and the 
customers loyalty and to know which variable above mentioned is most 
dominant to relation the customers loyalty. This research is done in 
Semarang municipality with the customers of Eximsave of PT Bank Mandiri 
(Persero) ex legacy BankExim Semarang Branch.
The research is done with survey method in 2 (two) sub branches of 
BankExim Semarang Branch, which are Semarang-Pahlawan and Semarang- M 
ataram sub branches. The two sub-branches are chosen in primary sampling
 unit randomly. Data gathering is conducted by interview technique using
 questionnaire to 125 chosen respondent from August to September 1999. 
Data analysis technique used is rank Spearman.
By using the SPSS program, the result shows that access variable, 
communication, human resource competence, management reputation, row 
model, credibility, reliability, and sureness has positive relationship 
with the customers loyalty in which each range around 0,458 to 0,967. 
Access variable has the most dominant relationship with customers 
loyalty which range 0,967 and management reputation variable has the 
lowest relationship which range 0,458. Therefore the loyalty of Eximsave
 customers of PT Bank Mandiri (Persero) ex legacy BankExim Semarang 
Branch to the quality variable dimension above
ABSTRAK
Persaingan usaha penghimpunan dana terutama melalui tabungan oleh 
bank-bank di kotamadya Semarang telah semakin ketat, sehingga para 
pemasar pada masing-masing bank berupaya untuk meningkatkan dananya 
dengan berusaha untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan nasabah melalui
 perilaku nasabahnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel 
akses, komunikasi, kompetensi karyawan, reputasi manajemen, kelompok 
acuan, kredibilitas, reliabilitas, dan kepastian dengan loyalitas 
nasabah dan untuk mengetahui dad variabel-variabel tersebut di atas yang
 dominan berhubungan terhadap loyalitas nasabah. Penelitian ini 
dilakukan di Kotamadya Semarang dengan mengambil obyek nasabah tabungan 
EximSave PT Bank Mandiri (Persero) eks BankExim Cabang Semarang.
Penelitian dilaksanakan dengan metoda survai pada 2 (dua) kantor cabang 
pembantu BankExim Cabang Semarang, yaitu Kantor Cabang Pembantu 
Semarang-Pahlawan dan Semarang-Mataram yang terpilih melalui primary 
sampling unit secara random. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik 
wawancara menggunakan daftar pertanyaan kepada responden terpilih 
sebanyak 125 responden, yang dilaksanakan pada bulan Agustus sampai 
dengan September 1999. Teknis analisis data menggunakan rank Spearman.
Dari hasil analisis dengan menggunakan program SPSS menunjukkan bahwa 
variabel akses, komunikasi, kompetensi karyawan, reputasi manajemen, 
kelompok acuan, kredibilitas, reliabilitas, dan kepastian mempunyai 
hubungan positip dengan loyalitas nasabah masing-masing berkisar 0,458 
sampai 0,967. Variabel akses mempunyai hubungan yang paling dominan 
dengan loyalitas nasabah yaitu sebesar 0.967 dan variabel reputasi 
manajemen mempunyai hubungan yang rendah yaitu 0,458. Dengan demikian 
loyalitas nasabah tabungan EximSave PT Bank Mandiri (Persero) eks 
BankExim cabang Semarang dapat ditingkatkan dengan melakukan perbaikan 
pada variabel-variabel dimensi kualitas tersebut di atas.
No comments:
Post a Comment