E-SYARIAH JOURNAL

Widget Slideshow

Tuesday, May 29, 2012

ANALISIS PERILAKU NASABAH SEBAGAI DASAR PENETAPAN STRATEGI PEMASARAN PENGHIMPUNAN DANA PT BANK MANDIRI (PERSERO) DI KOTAMADYA SEMARANG (STUDI KASUS EKS BANKEXIM)

Matadi , Ricky Rahmono (1999) ANALISIS PERILAKU NASABAH SEBAGAI DASAR PENETAPAN STRATEGI PEMASARAN PENGHIMPUNAN DANA PT BANK MANDIRI (PERSERO) DI KOTAMADYA SEMARANG (STUDI KASUS EKS BANKEXIM). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
[img]PDF - Published Version
2616Kb

Abstract

ABSTRACT The competition among fund raising particularly in savings by Banks in Semarang municipality has become more tight, so that marketters at each Banks try to raise their funds by knowing the wants and the needs of Customers through their behavior. The aim of this research is know the relationship between access variable, communication, human resource competence, management reputation, row model, credibility, reliability, sureness, and the customers loyalty and to know which variable above mentioned is most dominant to relation the customers loyalty. This research is done in Semarang municipality with the customers of Eximsave of PT Bank Mandiri (Persero) ex legacy BankExim Semarang Branch. The research is done with survey method in 2 (two) sub branches of BankExim Semarang Branch, which are Semarang-Pahlawan and Semarang- M ataram sub branches. The two sub-branches are chosen in primary sampling unit randomly. Data gathering is conducted by interview technique using questionnaire to 125 chosen respondent from August to September 1999. Data analysis technique used is rank Spearman. By using the SPSS program, the result shows that access variable, communication, human resource competence, management reputation, row model, credibility, reliability, and sureness has positive relationship with the customers loyalty in which each range around 0,458 to 0,967. Access variable has the most dominant relationship with customers loyalty which range 0,967 and management reputation variable has the lowest relationship which range 0,458. Therefore the loyalty of Eximsave customers of PT Bank Mandiri (Persero) ex legacy BankExim Semarang Branch to the quality variable dimension above ABSTRAK Persaingan usaha penghimpunan dana terutama melalui tabungan oleh bank-bank di kotamadya Semarang telah semakin ketat, sehingga para pemasar pada masing-masing bank berupaya untuk meningkatkan dananya dengan berusaha untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan nasabah melalui perilaku nasabahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel akses, komunikasi, kompetensi karyawan, reputasi manajemen, kelompok acuan, kredibilitas, reliabilitas, dan kepastian dengan loyalitas nasabah dan untuk mengetahui dad variabel-variabel tersebut di atas yang dominan berhubungan terhadap loyalitas nasabah. Penelitian ini dilakukan di Kotamadya Semarang dengan mengambil obyek nasabah tabungan EximSave PT Bank Mandiri (Persero) eks BankExim Cabang Semarang. Penelitian dilaksanakan dengan metoda survai pada 2 (dua) kantor cabang pembantu BankExim Cabang Semarang, yaitu Kantor Cabang Pembantu Semarang-Pahlawan dan Semarang-Mataram yang terpilih melalui primary sampling unit secara random. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara menggunakan daftar pertanyaan kepada responden terpilih sebanyak 125 responden, yang dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan September 1999. Teknis analisis data menggunakan rank Spearman. Dari hasil analisis dengan menggunakan program SPSS menunjukkan bahwa variabel akses, komunikasi, kompetensi karyawan, reputasi manajemen, kelompok acuan, kredibilitas, reliabilitas, dan kepastian mempunyai hubungan positip dengan loyalitas nasabah masing-masing berkisar 0,458 sampai 0,967. Variabel akses mempunyai hubungan yang paling dominan dengan loyalitas nasabah yaitu sebesar 0.967 dan variabel reputasi manajemen mempunyai hubungan yang rendah yaitu 0,458. Dengan demikian loyalitas nasabah tabungan EximSave PT Bank Mandiri (Persero) eks BankExim cabang Semarang dapat ditingkatkan dengan melakukan perbaikan pada variabel-variabel dimensi kualitas tersebut di atas.

No comments:

Post a Comment