Pribadi, R. Agustinus Anggoro and Sufian, Syuhada and Sugiarto PH, J. (2007) Strategi
Membangun Kualitas Pelayanan Perbankan untuk Menciptakan Kepuasan
Nasabah Berorientasi Loyalitas pada BRI Cabang Blora dan Unit
online-nya. Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, 4 (2). pp. 62-89. ISSN 1693-8283
![]() | PDF - Published Version 231Kb |
Abstract
Kualitas
pelayanan merupakan salah satu faktor penting bagi keberhasilan bank
sebagai perusahaan jasa saat ini. Karena dewasa ini masalah kepuasan dan
loyalitas nasabah melalui kualitas pelayanan terbaik telah menjadi
komitmen bagi perbankan dalam menjalankan roda bisnisnya. Tujuan dari
penelitian adalah mencari jawaban atas masalah yang diajukan dalam
penelitian ini, dimana menurut riset MRI diambil kesimpulan bahwa BRI
masih menghadapi masalah dari seluruh aspek layanan, baik Sumber Daya
Manusia, proses produk dan aspek fisik sehingga memerlukan penanganan
yang serius dari segenap aspek manajemen di dalam BRI. Dengan menguji
pengaruh Aspek fisik dalam kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah,
pengaruh intangible asset dalam kualitas pelayanan terhadap kepuasan
nasabah dan pengaruh kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah.
Sampel dalam penelitian ini adalah nasabah dari BRI Cabang Blora beserta
Unit online-nya, sejumlah 120 responden melalui kuesioner. Alat
analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) yang
dijalankan dengan perangkat AMOS 4.01, yang bertujuan untuk menganalisis
data.
Hasil analisis menunjukkan bahwa aspek fisik dalam kualitas pelayanan
berpengaruh terhadap kepuasan nasabah ; intangible asset dalam kualitas
pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dan kepuasan nasabah
berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Temuan empiris tersebut
mengindikasikan bahwa aspek fisik berpengaruh secara signifikan terhadap
kepuasan nasabah dengan loading factor sebesar 0.22 ; intangible asset
berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan loading
factor sebesar 0.37 dan kepuasan nasabah berpengaruh secara signifikan
terhadap loyalitas nasabah dengan loading faktor sebesar 0.58.
No comments:
Post a Comment