SAHURI, KASIR (1997) 
FORMULASI STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN JASA KONSULTAN TEKNIK Studi Kasus PT. GRACIA WIDYAKARSA. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
![[img]](http://eprints.undip.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png)  | PDF - Published Version 
2602Kb | 
Abstract
ABSTRACT
The theses studied a major problem of sales decline at the Engineering 
Consulting Service PT. Gracia Widyakarsa in the last five years. The 
objective of the research is to formulate marketing strategy which can 
be applied at PT. Gracia Widyakarsa to increase sales.
By using External and Internal factor evaluation matrix, the company 
position can be identified. Based on TOWS matrix analysis, and 
identification and matching of key success factors, the strategic 
alternative for company was formulated as follows: Market penetration, 
Human resources development, Joint operation and Services 
differentiation.
Marketing performance analysis shown that marketing accesbility, 
reputation and experience of the company are main driver factors. And 
the main constraint is limited of marketing networking to private 
market.
By using quantitative strategic planning matrix analisis, the most 
feasible strategy suitable for PT. Gracia Widyakarsa can be formulated 
as follows:
- first, Marketing penetration;
- second, Services differentiation
- third, Human resources development;
- and fourth, Joint operation.
ABSTRAK
Tesis ini mengkaji bidang fungsional pemasaran dengan pokok masalah 
penurunan volume penjualan jasa konsultan teknik PT. Gracia Widyakarsa 
dalam lima tahun terakhir. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk 
memformulasikan pengembangan strategi pemasaran agar dapat digunakan 
oleh PT. Gracia Widyakarsa dalam meningkatkan volume penjualan.
Dengan menggunakan analisis External Factor Evaluation Matrix dan 
Internal Factor Evaluation Matrix dapat diidentifikasikan posisi dan 
kemampuan perusahaan untuk bersaing serta kemampuan untuk 
mengeksploitasi peluang dan meminimumkan ancaman yang bakal muncul. 
Selanjutnya melalui analisis TOWS Matrix dan dengan memasangkan 
faktor-faktor kunci sukses diformulasikan empat alternatif pengembangan 
strategi yaitu: strategi penetrasi pasar, strategi diferensiasi 
personil, strategi joint operation, dan strategi diferensiasi 
pelayanan.
Hasil analisis kekuatan kinerja pemasaran menunjukkan bahwa faktor 
pendorong utama yang dapat meningkatkan kinerja pemasaran adalah akses 
pemasaran dan reputasi dan referensi yang dimiliki PT. Gracia 
Widyakarsa. Dan faktor penghambat utama adalah keterbatasan networking 
pemasaran ke pasar swasta dan Departemen Non Pekerjaan Umum.
Sedangkan dengan analisis Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) 
guna memilih strategi yang paling feasible bagi PT. Gracia Widyakarsa, 
diperoleh prioritas penerapan strategi berturut-turut strategi penetrasi
 pasar, strategi diferensiasi pelayanan, strategi diferensiasi personil 
dan terakhir strategi joint operation
 
 
No comments:
Post a Comment