SAHURI, KASIR (1997)
FORMULASI STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN JASA KONSULTAN TEKNIK Studi Kasus PT. GRACIA WIDYAKARSA. Masters thesis, Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
| PDF - Published Version
2602Kb |
Abstract
ABSTRACT
The theses studied a major problem of sales decline at the Engineering
Consulting Service PT. Gracia Widyakarsa in the last five years. The
objective of the research is to formulate marketing strategy which can
be applied at PT. Gracia Widyakarsa to increase sales.
By using External and Internal factor evaluation matrix, the company
position can be identified. Based on TOWS matrix analysis, and
identification and matching of key success factors, the strategic
alternative for company was formulated as follows: Market penetration,
Human resources development, Joint operation and Services
differentiation.
Marketing performance analysis shown that marketing accesbility,
reputation and experience of the company are main driver factors. And
the main constraint is limited of marketing networking to private
market.
By using quantitative strategic planning matrix analisis, the most
feasible strategy suitable for PT. Gracia Widyakarsa can be formulated
as follows:
- first, Marketing penetration;
- second, Services differentiation
- third, Human resources development;
- and fourth, Joint operation.
ABSTRAK
Tesis ini mengkaji bidang fungsional pemasaran dengan pokok masalah
penurunan volume penjualan jasa konsultan teknik PT. Gracia Widyakarsa
dalam lima tahun terakhir. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk
memformulasikan pengembangan strategi pemasaran agar dapat digunakan
oleh PT. Gracia Widyakarsa dalam meningkatkan volume penjualan.
Dengan menggunakan analisis External Factor Evaluation Matrix dan
Internal Factor Evaluation Matrix dapat diidentifikasikan posisi dan
kemampuan perusahaan untuk bersaing serta kemampuan untuk
mengeksploitasi peluang dan meminimumkan ancaman yang bakal muncul.
Selanjutnya melalui analisis TOWS Matrix dan dengan memasangkan
faktor-faktor kunci sukses diformulasikan empat alternatif pengembangan
strategi yaitu: strategi penetrasi pasar, strategi diferensiasi
personil, strategi joint operation, dan strategi diferensiasi
pelayanan.
Hasil analisis kekuatan kinerja pemasaran menunjukkan bahwa faktor
pendorong utama yang dapat meningkatkan kinerja pemasaran adalah akses
pemasaran dan reputasi dan referensi yang dimiliki PT. Gracia
Widyakarsa. Dan faktor penghambat utama adalah keterbatasan networking
pemasaran ke pasar swasta dan Departemen Non Pekerjaan Umum.
Sedangkan dengan analisis Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM)
guna memilih strategi yang paling feasible bagi PT. Gracia Widyakarsa,
diperoleh prioritas penerapan strategi berturut-turut strategi penetrasi
pasar, strategi diferensiasi pelayanan, strategi diferensiasi personil
dan terakhir strategi joint operation
No comments:
Post a Comment