Iman, Busrul (2005) ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRATEGI BISNIS DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi kasus pada nasabah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Bank BRI di Banjarnegara). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
3344Kb  | 
Abstract
Sejak
 pasta krisis ekonomi tahun 1996 s/d 2003, kalangan perbankan mulai 
banyak mengalihkan bisnis pembiayaannya yang semula lebih banyak di 
sektor korporasi ke sektor mikro dan kecil. Hal ini disebabkan karena 
pada saat dan parka krisis, justru banyak perusahaan skala mikro, kecil 
dan menengah yang dapat melewati masa krisis tersebut dan bahkan saat 
ini masih terus berkembang usahanya. Mengingat Bank Rakyat Indonesia 
selama ini pasar utamanya adalah pembiayaan usaha mikro, kecil dan 
menengah dan agar pangsa pasar tetap dapat dipertahankan ditengah 
persaingan disektor tersebut yang akan semakin ketat, maka penelitian 
ini berupaya untuk mencari penjelasan tentang fenomena UNIKIVI tersebut ,
 maka penelitian ini mengambil judul " Analisis faktor-faktor yang 
mempengaruhi strategi bisnis dan pengaruhnya terhadap lcinerja 
perusahaan " (studi kasus pada nasabah usaha mikro, kecil dan menengah 
kantor cabang Bank Rakyat Indonesia Banjarnegara).
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis seherapa besar pengaruh 
faktor¬faktor variabel karakteristik perusahaan, fasilitas kredit bank 
dan lingkungan terhadap strategi bisnis maupun dampaknya terhadap upaya 
peningkatan kinerja perusahaan. Dad populasi usaha UMICM yang ada di 
Banjarnegara, diambil sample secara multistages sampling sebanyak 100 
perusahaan, dilakukan wawancara dan dengan daftar pertanyaan, dilakukan 
analisis faktor konfirmatori, Structural Equation Modelling, normalitas 
data, outliers, multicollineari0; dan singularity, uji reability dan 
variance extract. Pengolahan data dengan SEM tersebut menggunakan 
program aplikasi Amos ver.4.0.1
Hasil dad penelitian tersebut adalah menunjukkan bahwa semua konstruk 
yang digunakan telah memenuhi goodness of fit dan setiap indikator 
menunjukkan hash baik dengan nilai CR diatas 1,96 dengan P lebih keel 
dari 0,05. Hasil pengolahan data melalui fill model SEM menunjukkan 
bahwa dari ketiga variabel independen yang mempengaruhi strategi bisnis 
yaitu karakteristik perusahaan, fasilitas kredit bank dan lingkungan, 
variabel karakteristik perusahaan merupakan variabel yang • paling 
berpengaruh terhadap strategi bisnis dengan nilai standardized 
regression weight sebesar 0,26, kemudian variabel fasilitas kredit 
sebesar 0,25 dan variabel lingkungan sebesar 0,22. Sementara variabel 
fasilitas kredit bank merupakan variabel yang paling berpengaruh 
terhadap ldnerja perusahaan dengan nilai standardized regression weight 
sebesar 0,33, kemudian variabel karakteristik perusahaan sebesar 0,30 
dan lingkungan 0,29. Simpulan dari penelitian tersebut diatas 
menunjukkan bahwa ke tujuh hipotesis dari masing masing variabel 
tersebut dapat diterima. Dimasa yang akan datang, atas dasar temuan ini 
disarankan untuk menerapkan strategi yang mempertimbangkan lingkungan 
secara hati-hati dan cermat. BRI hams mengelola nasabahnya dengan lebih 
hati-hati. Dad variable karakteristik bisnis dan fasilitas kredit bank 
yang merupakan variabel yang kuat dalam penelitian ini kedepan BRI hams 
tetap eksis dan fokus kepada segmen bisnis nasabah mikro, kecil dan 
menengah (UMICM).
Since economics crisis from 1996 until 2003, banking industry begin to 
move their business from corporate business sector to micro, small and 
medium sector. This is because during period economic crisis, micro, 
small and medium size business which remain to expand their business. 
According Bank BRI during at the long time core business is micro, small
 and medium sector and how to maintain market share from the high 
competitive environment, so this research scope to look for explanation 
about Analysis factors the influences business strategies and the 
influences to performance (case study at customer micro, small and 
medium from Bank Rakyat Indonesia Branch Banjarnegara).
Target of this research is to analysis affect applying firms 
characteristic variable , credit batik and environmental to business 
strategy and also to analyst increasing performance. From the total 
population micro, small and medium firms (UMKM) at Banjarnegara, taken 
multistages sampling counted 100 firms, interview and with 
questionnaire, confirmatori factor analysis, Structural equation 
modelling, data of normality, outliers, multicollinearity and 
singularity, test of reability and variance extract. Data processing 
with SEM and appliance Amos ver.4.01 program.
The following research finding is to show that all of the construct in 
used this research have to accepted goodness of fit criteria and each 
indicator to show CR over 1,96 with P more less than 0,05. Based on test
 of data from Full SE1v1 model to show that all of independen variable 
infleunces business strategy is firms characteristic, bank credit and 
environment, characteristic variable more affect to business strategies 
with standardized regression weight value at 0,26 and then credit 
facility variable at value 0,2.5 and environment variable value at 0,22.
 On the other side credit facility variable is the most variable affect 
to performance with value of standardized regression weight at 0,33, and
 then characteristic firms variable at 0,30 and environment at 0,29. 
Conclution of research to show that all of hipotesis from each variable 
is acceptable. For the next time on the basis nf this finding is 
suggested to apply strategy considering environment accurately and 
carafully. BRI must be held their customer with carafully. From the 
strength point of characteristics firms and credit bank facility 
variable, for the next time, BRI had to remains focus to core business 
at micro, small and medium size (UMKM).
No comments:
Post a Comment