Iman, Busrul (2005) ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRATEGI BISNIS DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi kasus pada nasabah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Bank BRI di Banjarnegara). Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.
PDF - Published Version 3344Kb |
Abstract
Sejak
pasta krisis ekonomi tahun 1996 s/d 2003, kalangan perbankan mulai
banyak mengalihkan bisnis pembiayaannya yang semula lebih banyak di
sektor korporasi ke sektor mikro dan kecil. Hal ini disebabkan karena
pada saat dan parka krisis, justru banyak perusahaan skala mikro, kecil
dan menengah yang dapat melewati masa krisis tersebut dan bahkan saat
ini masih terus berkembang usahanya. Mengingat Bank Rakyat Indonesia
selama ini pasar utamanya adalah pembiayaan usaha mikro, kecil dan
menengah dan agar pangsa pasar tetap dapat dipertahankan ditengah
persaingan disektor tersebut yang akan semakin ketat, maka penelitian
ini berupaya untuk mencari penjelasan tentang fenomena UNIKIVI tersebut ,
maka penelitian ini mengambil judul " Analisis faktor-faktor yang
mempengaruhi strategi bisnis dan pengaruhnya terhadap lcinerja
perusahaan " (studi kasus pada nasabah usaha mikro, kecil dan menengah
kantor cabang Bank Rakyat Indonesia Banjarnegara).
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis seherapa besar pengaruh
faktor¬faktor variabel karakteristik perusahaan, fasilitas kredit bank
dan lingkungan terhadap strategi bisnis maupun dampaknya terhadap upaya
peningkatan kinerja perusahaan. Dad populasi usaha UMICM yang ada di
Banjarnegara, diambil sample secara multistages sampling sebanyak 100
perusahaan, dilakukan wawancara dan dengan daftar pertanyaan, dilakukan
analisis faktor konfirmatori, Structural Equation Modelling, normalitas
data, outliers, multicollineari0; dan singularity, uji reability dan
variance extract. Pengolahan data dengan SEM tersebut menggunakan
program aplikasi Amos ver.4.0.1
Hasil dad penelitian tersebut adalah menunjukkan bahwa semua konstruk
yang digunakan telah memenuhi goodness of fit dan setiap indikator
menunjukkan hash baik dengan nilai CR diatas 1,96 dengan P lebih keel
dari 0,05. Hasil pengolahan data melalui fill model SEM menunjukkan
bahwa dari ketiga variabel independen yang mempengaruhi strategi bisnis
yaitu karakteristik perusahaan, fasilitas kredit bank dan lingkungan,
variabel karakteristik perusahaan merupakan variabel yang • paling
berpengaruh terhadap strategi bisnis dengan nilai standardized
regression weight sebesar 0,26, kemudian variabel fasilitas kredit
sebesar 0,25 dan variabel lingkungan sebesar 0,22. Sementara variabel
fasilitas kredit bank merupakan variabel yang paling berpengaruh
terhadap ldnerja perusahaan dengan nilai standardized regression weight
sebesar 0,33, kemudian variabel karakteristik perusahaan sebesar 0,30
dan lingkungan 0,29. Simpulan dari penelitian tersebut diatas
menunjukkan bahwa ke tujuh hipotesis dari masing masing variabel
tersebut dapat diterima. Dimasa yang akan datang, atas dasar temuan ini
disarankan untuk menerapkan strategi yang mempertimbangkan lingkungan
secara hati-hati dan cermat. BRI hams mengelola nasabahnya dengan lebih
hati-hati. Dad variable karakteristik bisnis dan fasilitas kredit bank
yang merupakan variabel yang kuat dalam penelitian ini kedepan BRI hams
tetap eksis dan fokus kepada segmen bisnis nasabah mikro, kecil dan
menengah (UMICM).
Since economics crisis from 1996 until 2003, banking industry begin to
move their business from corporate business sector to micro, small and
medium sector. This is because during period economic crisis, micro,
small and medium size business which remain to expand their business.
According Bank BRI during at the long time core business is micro, small
and medium sector and how to maintain market share from the high
competitive environment, so this research scope to look for explanation
about Analysis factors the influences business strategies and the
influences to performance (case study at customer micro, small and
medium from Bank Rakyat Indonesia Branch Banjarnegara).
Target of this research is to analysis affect applying firms
characteristic variable , credit batik and environmental to business
strategy and also to analyst increasing performance. From the total
population micro, small and medium firms (UMKM) at Banjarnegara, taken
multistages sampling counted 100 firms, interview and with
questionnaire, confirmatori factor analysis, Structural equation
modelling, data of normality, outliers, multicollinearity and
singularity, test of reability and variance extract. Data processing
with SEM and appliance Amos ver.4.01 program.
The following research finding is to show that all of the construct in
used this research have to accepted goodness of fit criteria and each
indicator to show CR over 1,96 with P more less than 0,05. Based on test
of data from Full SE1v1 model to show that all of independen variable
infleunces business strategy is firms characteristic, bank credit and
environment, characteristic variable more affect to business strategies
with standardized regression weight value at 0,26 and then credit
facility variable at value 0,2.5 and environment variable value at 0,22.
On the other side credit facility variable is the most variable affect
to performance with value of standardized regression weight at 0,33, and
then characteristic firms variable at 0,30 and environment at 0,29.
Conclution of research to show that all of hipotesis from each variable
is acceptable. For the next time on the basis nf this finding is
suggested to apply strategy considering environment accurately and
carafully. BRI must be held their customer with carafully. From the
strength point of characteristics firms and credit bank facility
variable, for the next time, BRI had to remains focus to core business
at micro, small and medium size (UMKM).
No comments:
Post a Comment