PDF - Published Version 3060Kb |
Abstract
This
research analyzes business strategies of microfinance and it influences
to Swamitra performance. The research problem is "what is Swamitra
Microfinance strategy to increase it performance. This research builds a
model and five hypotheses to answer the research problem.
Respondents of this research are 123 persons. Respondents are managers
of Swamitra in Java. This research uses Structural Equation Modeling
(SEM) under AMOS 4.01 program as analysis tools.
The data analysis result of this research shows that research model and
result can be accepted. The result of the research proves that
competitiveness, human resource quality, organization culture, and
product quality have positive and significant influence to business
strategy. Moreover, business strategy has positive and significant
influence to firm performance. The higher competitiveness, human
resource quality, organization culture, and product quality the higher
firm performance through business strategy.
Based on the results of the research could be taken theoretical
implications that this research gives more justification for antecedents
positively influence business strategy, i.e.: competitiveness, human
resource quality, organization culture, and product quality. Managerial
implication of this research is suggestions to Swamitra to pay more
attention to competitiveness because this factor is the most dominant
factor to improve business strategy. Limitation of this research is
using data only from Swamitra. Further researchs need to develop
research model in different microfinance like BPR and add independent
variable that influence microfinance business strategy.
Penelitian ini menganalisis strategi bisnis lembaga keuangan mikro dan
pengaruhnya terhadap kinerja perusahaan di Swamitra. Rumusan masalahnya
adalah bagaimana strategi lembaga keuangan mikro Swamitra untuk
meningkatkan kinerjanya. Penelitian ini mengembangkan model penelitian
dan lima hipotesis guna menjawab permasalahan yang ada.
Responden dalam penelitian ini sebanyak 123 orang. Para responden
tersebut merupakan pan manajer Swamitra di Jawa. Penelitian ini
menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) yang dijalankan melalui
AMOS 4.01 sebagai alat analisisnya.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa model penelitian dan hasilnya
dapat diterima. Hasil penelitian membuktikan bahwa intensitas
persaingan, kualitas SDM, budaya perusahaan, dan kualitas produk
mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap strategi bisnis.
Selanjutnya, strategi bisnis berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kinerja perusahaan. Semakin tinggi intensitas persaingan, kualitas SDM,
budaya perusahaan, dan kualitas produk maka akan semakin tinggi kinerja
perusahaan melalui strategi bisnis.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka implikasi teoritis yang dapat
memberikan justifikasi yang lebih kuat bagi anteseden yang mempengaruhi
strategi bisnis, seperti intensitas persaingan, kualitas SDM, budaya
perusahaan, dan kualitas produk. Implikasi manajerial menyarankan agar
Swamitra lebih memberikan perhatian terhadap intensitas persaingan
karena faktor ini merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi
strategi bisnis. Keterbatasan penelitian adalah penggunaan data yang
hanya berasal dari Swamitra. Penelitian mendatang perlu mengembangkan
model ini pada lembaga keuangan mikro lainnya seperti BPR dan
menambahkan variabel independen yang mempengaruhi strategi bisnis di
lembaga keuangan mikro.
No comments:
Post a Comment