| PDF 83Kb  | |
| PDF 11Kb  | |
| PDF 68Kb  | |
| PDF 21Kb  | 
Abstract
Salah
 satu kebutuhan yang dianggap sangat penting di era ini adalah kebutuhan
 akan informasi. Alat yang mendukung kebutuhan konsumen akan informasi, 
misalnya komputer yang menggunakan baterai atau yang lebih dikenal 
dengan laptop. Laptop merupakan produk yang sering digunakan oleh 
kalangan pelaku bisnis atau usaha dan pelaku akademik tidak terkecuali 
juga pada mahasiswa. Adapun pilihan merek laptop yang banyak beredar di 
Indonesia, yaitu merek Acer, Toshiba, Hp, Axioo, Dell, dan merek selain 
merek-merek tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
 strategi bauran pemasaran, yang terdiri dari tiga faktor variabel 
yaitu: produk, harga, dan promosi terhadap pemilihan merek laptop pada 
mahasiswa di Universitas Diponegoro. Sampel penelitian diambil dengan 
menggunakan non probability sampling, yaitu teknik purposive sampling 
dan teknik accidental sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis 
regresi logistik multinomial, sebuah analisis regresi untuk 
menyelesaikan masalah dimana variabel dependennya mempunyai kategori 
lebih dari 2 dengan beberapa variabel independen. Berdasarkan uji 
signifikansi untuk model secara keseluruhan dan uji wald untuk 
masing-masing koefisien parameter, diketahui ketiga variabel bauran 
pemasaran tersebut mempunyai hubungan dengan pemilihan merek laptop. 
Estimasi probabilitas terbesar untuk merek Acer terjadi pada kelompok 
dengan produk sedang, harga tinggi, dan promosi tinggi yaitu sebesar 
77.461%. Estimasi probabilitas terbesar untuk merek Toshiba terjadi pada
 kelompok dengan produk tinggi, harga tinggi dan promosi sedang yaitu 
sebesar 49.239%. Estimasi probabilitas terbesar untuk merek Hp terjadi 
pada kelompok dengan produk sedang, harga sedang dan promosi sedang 
yaitu sebesar 46.074%. Estimasi probabilitas terbesar untuk merek 
Axioo-Dell terjadi pada kelompok dengan produk sedang, harga sedang dan 
promosi sedang yaitu sebesar 14.764%. Estimasi probabilitas terbesar 
untuk merek lain terjadi pada kelompok dengan produk sedang, harga 
tinggi dan promosi sedang yaitu sebesar 22.134%. 
   
Kata kunci :  pemilihan merek, produk, harga, promosi, regresi logistik 
    multinomial   
No comments:
Post a Comment