PDF 83Kb | |
PDF 11Kb | |
PDF 68Kb | |
PDF 21Kb |
Abstract
Salah
satu kebutuhan yang dianggap sangat penting di era ini adalah kebutuhan
akan informasi. Alat yang mendukung kebutuhan konsumen akan informasi,
misalnya komputer yang menggunakan baterai atau yang lebih dikenal
dengan laptop. Laptop merupakan produk yang sering digunakan oleh
kalangan pelaku bisnis atau usaha dan pelaku akademik tidak terkecuali
juga pada mahasiswa. Adapun pilihan merek laptop yang banyak beredar di
Indonesia, yaitu merek Acer, Toshiba, Hp, Axioo, Dell, dan merek selain
merek-merek tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
strategi bauran pemasaran, yang terdiri dari tiga faktor variabel
yaitu: produk, harga, dan promosi terhadap pemilihan merek laptop pada
mahasiswa di Universitas Diponegoro. Sampel penelitian diambil dengan
menggunakan non probability sampling, yaitu teknik purposive sampling
dan teknik accidental sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis
regresi logistik multinomial, sebuah analisis regresi untuk
menyelesaikan masalah dimana variabel dependennya mempunyai kategori
lebih dari 2 dengan beberapa variabel independen. Berdasarkan uji
signifikansi untuk model secara keseluruhan dan uji wald untuk
masing-masing koefisien parameter, diketahui ketiga variabel bauran
pemasaran tersebut mempunyai hubungan dengan pemilihan merek laptop.
Estimasi probabilitas terbesar untuk merek Acer terjadi pada kelompok
dengan produk sedang, harga tinggi, dan promosi tinggi yaitu sebesar
77.461%. Estimasi probabilitas terbesar untuk merek Toshiba terjadi pada
kelompok dengan produk tinggi, harga tinggi dan promosi sedang yaitu
sebesar 49.239%. Estimasi probabilitas terbesar untuk merek Hp terjadi
pada kelompok dengan produk sedang, harga sedang dan promosi sedang
yaitu sebesar 46.074%. Estimasi probabilitas terbesar untuk merek
Axioo-Dell terjadi pada kelompok dengan produk sedang, harga sedang dan
promosi sedang yaitu sebesar 14.764%. Estimasi probabilitas terbesar
untuk merek lain terjadi pada kelompok dengan produk sedang, harga
tinggi dan promosi sedang yaitu sebesar 22.134%.
Kata kunci : pemilihan merek, produk, harga, promosi, regresi logistik
multinomial
No comments:
Post a Comment