| PDF - Published Version 2810Kb  | 
Abstract
The
 object of the research studies is consumer behavior at speciality 
consumer that take care the poultry of egg and poultry of meat. That 
location in Kodya Semarang, Kab. Semarang, Kendal and Kodya Salatiga 
area.
The problem have being had that by manufacture that happened decreased 
growth of sales, expected sales have been expected lower than target (20
 %).
The goal of research is determined variable that support at purchase of 
the paultry product and determined the exactly to manufacture, so the 
target is achieved.
The variables of the research that are beliefs of consumer, evaluated 
beliefs of consumer, attitude to behavior, normatif of consumer, 
subjective norm of consumer and intention to purchase the product of 
poultry PT. Central Proteina Prima Semarang.
The observation was been done to be fet a lot of believed atributes, 
referen atributes and product atributes influence breeder purchase the 
feed of poultry PT. Central Proteina Prima Semarang that are give good 
profitabilitas, increase growth, decrease death, not added purchase 
medicine, not to effect poison, good packing, low price, guarantee 
quality, a good service and inventory in agent. The other hand, referen 
atributes that are family, neighbour, technical service, other breeder 
and docter of animal.
Research metode have taken sample on proportion rondom sampling, 
analysis tool help to solve the problem used factor analysis. Software 
used to solve to help accelarate account is SPSS for Windows.
The result of research can be implied as belief of breeder of meat that 
need to be intentioned are atribute of guarantee quality, growth, 
revenue, decreased death, service, inventory in agent and not to 
purchase medicine. The other hand, belief atributes of breeder of egg 
that need to be intetioned as not poison, not to purchase medicine, 
service, inventory in agent, quality, price, decreased death and 
revenue. Referen atributes of breeder of egg or meat influenced all to 
purchase livestock product PT. Central Proteina Prima Semarang. Product 
atributes of breeder of meat that influence as safety, durable, packing 
and quality, the other hand, product atributes of egg that influence as 
safety, durable, packing and to have easly and quality.
To achieve sales target, so effort should be done by manufacture that 
implement marketing mix especialy direct sales, the other hand, need to 
studdy belief atributes, and referen atributes and product atributes. 
ABSTRAK : 
Perilaku petemak pada khususnya peternak ayam petelur dan pedaging di 
kawasan Kodya Semarang, Kabupaten Semarang, Kendal dan Kodya Salatiga 
yang menjadi pelanggan maupun tidak pelanggan produk PT. Central 
Proteina Prima Semarang
Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan tersebut adalah terjadinya 
penurunan pertumbuhan penjualan, target penjualan yang diharapkan masih 
dibawah target (20 %).
Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan variabel yang mendukung 
dalam pembelian pakan temak dan menentukan strategi yang tepat bagi 
perusahaan, sehingga target penjualan yang diharapkan dapat tercapai.
Variabel-variabel dalam penelitian ini antara lain : variabel keyakinan 
konsumen, evaluasi atribut keyakinan konsumen, sikap terhadap perilaku, 
keyakinan normatif konsumen, motivasi konsumen, norma subyektif konsumen
 dan minat berperilaku dalam pembelian pakan ternak produk PT. Central 
Proteina Prima Semarang.
Dan pengamatan yang dilakukan terdapat beberapa atribut yang diyakini, 
atribut referen dan atribut produk yang mempengaruhi petemak dalam 
pembelian pakan temak produk PT. Central Proteini Prima antara lain : 
memberikan hasil/profit yang baik, meningkatkan pertumbuhan, menekan 
kematian, tidak mengeluarkan biaya tambahan untuk beli obat, tidak 
mengakibatkan keracunan, kemasan yang kuat/tidak bocor, harga relatif 
murah, terjamin mutunya, pelayanan yang baik„ dan ketersediaan di agen 
dengan kualitas yang baik. Sedangkan untuk kelompok referen antara lain :
 kerabat dekat, tetangga, technical service/salesman, pembeli produk, 
dan dokter hewan.
CMetode penelitian dengan mengambil sampel secara proportion rondom 
sampling, alat analisis guna membantu memecahlcan pennasalahan dengan 
menggunak`n validitas dan reliabilitas dan analisis faktor. Perangkat 
lunak yang digunakan untuk membantu mempercepat perhitungan adalah 
dengan SPSS for windows.
Basil pembahssan penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : 
Keyakinan pada petemak ayam pedaging yang perlu diperhatikan adalah 
atribut tentang menjamin kualitas, pertumbuhan yang tinggi, penghasilan 
yang tinggi, menekan kematian, pelayanan, ketersediaan di agen dan tidak
 mengeluarkan biaya tambahan. Sedangkan atribut keyakinan pada ayam 
petelur yang perlu diperhatikan adalah tidak beracun, tidak mengeluarkan
 biaya tambahan, pelayanan, ketersediaan di agen, kualitas, harga, 
menekan kematian dan penghasilan. Atribut referen pada ayam pedaging dan
 petelur seen keseluruhan berpengaruh terhadap pembelian pakan temak 
produk PT. Central Proteina Prima Semarang.Atribut produk pada ayam 
petelur yang berpengaruh adalah keamanan, keawetan, kemasan dan 
kualitas; sedangkan untuk petemak ayam petelur adalah keamanan, 
keawetan, kemasan, kemudahan memperoleh dan kualitas
Untuk mencapai target penjualan, maka usaha yang sebaiknya dilakukan 
oleh perusahan adalah melakukan bauran promosi khususnya penjualan seen 
langsung. Disamping itu, perlu mempertimbangkan atribut keyakinan, 
atribut referen dan atribut produk yang berpengaruh dalam pembelian 
pakan ternak
No comments:
Post a Comment