PDF - Published Version 309Kb |
Abstract
Innovation strategy is the most important factor in small, medium or big
industry, especially to raise productivity and company operational reliability. One
of factor which able to improve innovation strategy is company leadership
orientation, until it can improve company investment level in supporting
innovation which the implication will increase company performance.
The purpose of this research is to analyze the influence between variables
in order to answer the question about how innovation strategy in small medium
enterprise (SME) in Semarang can improve company performance
The population which is used in this research are all of small medium
enterprise in Semarang. Only 119 SME are used in this research out of 200
questionnaire. It is because 31 SME did not come when the research was doing
and the other 50 did not return the questionnaire. The result shows that five
hypothesis was accepted. It is believed that leader orientation has positive
influence to investment strategy, and has direct influence to both the degree of
investment and company’s performance. And it was also believed that innovation
strategy and the investment level has positive influence to company’s
performance.
Key word : Productivity, Operational Reliability, Orientation Leadership,
Innovation strategy, the investment level, and Company’s
performance.
Strategi inovasi adalah faktor yang paling penting dalam industri baik
kecil, menengah maupun besar terutama untuk meningkatkan produktivitas dan
keandalan operasional perusahaan. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan
strategi inovasi adalah orientasi kepemimpinan perusahaan, sehingga dapat
meningkatkan tingkat investasi perusahaan dalam menunjang inovasi yang
implikasinya akan meningkatkan kinerja perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antar variabel guna
menjawab pertanyaan permasalahan bagaimana staregi inovasi usaha kecil
menengah (UKM) di Kota Semarang yang akan meningkatkan kinerja
perusahaan. Penelitian ini memberikan implikasi teiritis serta implikasi
manajerial mengenai langkah yang harus diambil oleh usaha kecil menengah
untuk meningkatkan kinerja perusahaannya melalui orientasi kepemimpinan,
strategi inovasi dan tingkat investasi.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UKM manufaktur yang ada di
Kota Semarang. Dari 200 kuesioner ternyata hanya 119 UKM yang dijadikan
sebagai objek penelitian, karena sebanyak 31 UKM ternyata tidak dapat ditemui
pada saat pengumpulan data sebanyak 50 UKM tidak mengembalikan kuesioner
yang diberikan. data dari responden tersebut kemudian dianalisis kesesuaiannya
dengan model penelitian yang dikembangkan dari kerangaka teoritis
menggunak`n analisis konfirmatori SEM. Dari hasil analisis terlihat bahwa kelima
hipotesis diterima. Orientasi kepemimpinan terbukti berpengaruh positif terhadap
strategi investasi, dan berpengaruh langsung pada tingkat investasi dan kinerja
perusahaan. Straegi inovasi terbukti berpengaruh positif terhadap tingkat
investasi dan tingkat investasi berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan.
No comments:
Post a Comment