Yuniawan, Ahyar (2005) ANALISIS HUBUNGAN ANTARA PENILAIAN PEMASOK, JUST IN TIME, MANAJEMEN MUTU TOTAL, DAN DESAIN DAN PENGEMBANGAN PRODUK BARU. Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi (JSMO), 2 (2). pp. 152-177. ISSN 1693-8283
PDF - Published Version 11Mb |
Abstract
Pengembangan dan pengetrulan produk yang memberikcLn nilai bagi pelangan
telah menjadi kriteria penting bagi pertumbuhan dan kemaknturan perusahaan. Terdapat
beberapa ciri penting operasi perusahaan yang saling berhubungan dan sangat
menentukan pencapaian kesuksesan tersebut di atas, ontare lain: penilaian pemasok,
just in time, manajemen mutu dan desain dan pengembangctn produk baru. Studi ini
bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan ciri-ciri operasi tersebut dalem
suatu model analisis jalur Metoda yang digunakan dal&m penelitian ini adalah metode
survei. Para responden yang diharapkan adalah or(tng-orang yang familiar tentang
ciri-ciri dan strategi-strategi operasi perusahaan tersebut di atas. Analisis jalur digunakan
untuk menguji secara statistik model yang dihipotesiskan untuk menentukan sejauh
mana model yang diajukan konsisten dengan data sampeL.
Hasil studi menunjukkan bahwa hanya startegi iust in time yang berpengaruh
langsung terhadap strategi manajemen mutu serta terhadap strategi desain dan
pengembangan produk baru. Tetapi pengaruh penilaian pemasok terhadap strategi
manajemen mutu dan pengaruh strategi manajemen mutu terhadap strategi desain dan
pengembangan produk baru tidak signffikan secare statistic. Tampak bahwa riset ini
memberikan hasil yang cukup baik, meski data sample mentberikQn dukungan yang
Iemah.
Studi ini telah menguji suatu model yang mendefinisikan hubungan diantara
konstruk-konstrukyang relevan dengan strategi desain dan pengembangan produk baru.
Koefisien determinasi menunjukkan hasil 21,28Vo. Ini berarti model hanya mampu
menjelaskan hubungan antar variable dalam model yang diajukan sebesar 21,28Vo,
sedangkan sisanya dijelaskan oleh variable lain dan error. Hasil tersebut tidak
mengkonfirmasi model dalam penelitian sebelumnyo. Secara umum, hasil survey
menunjukkan dukungan yang rendah pada model yang diajukan untuk strategi desain
dan pengembangan produk baru. Akan tetapi, sejumlah temuan dalam penelitian ini
tetap dapat dimanfaatkan sebagai pertimbangan untuk melakukan berbagai kebiiakan
yang terkait dengan berbagai strategi yang digunakan dalam penelitian ini, terutama
perhatian terhadap strategi just in time
No comments:
Post a Comment