PDF - Published Version 2616Kb |
Abstract
ABSTRACT
The competition among fund raising particularly in savings by Banks in
Semarang municipality has become more tight, so that marketters at each
Banks try to raise their funds by knowing the wants and the needs of
Customers through their behavior.
The aim of this research is know the relationship between access
variable, communication, human resource competence, management
reputation, row model, credibility, reliability, sureness, and the
customers loyalty and to know which variable above mentioned is most
dominant to relation the customers loyalty. This research is done in
Semarang municipality with the customers of Eximsave of PT Bank Mandiri
(Persero) ex legacy BankExim Semarang Branch.
The research is done with survey method in 2 (two) sub branches of
BankExim Semarang Branch, which are Semarang-Pahlawan and Semarang- M
ataram sub branches. The two sub-branches are chosen in primary sampling
unit randomly. Data gathering is conducted by interview technique using
questionnaire to 125 chosen respondent from August to September 1999.
Data analysis technique used is rank Spearman.
By using the SPSS program, the result shows that access variable,
communication, human resource competence, management reputation, row
model, credibility, reliability, and sureness has positive relationship
with the customers loyalty in which each range around 0,458 to 0,967.
Access variable has the most dominant relationship with customers
loyalty which range 0,967 and management reputation variable has the
lowest relationship which range 0,458. Therefore the loyalty of Eximsave
customers of PT Bank Mandiri (Persero) ex legacy BankExim Semarang
Branch to the quality variable dimension above
ABSTRAK
Persaingan usaha penghimpunan dana terutama melalui tabungan oleh
bank-bank di kotamadya Semarang telah semakin ketat, sehingga para
pemasar pada masing-masing bank berupaya untuk meningkatkan dananya
dengan berusaha untuk mengetahui keinginan dan kebutuhan nasabah melalui
perilaku nasabahnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel
akses, komunikasi, kompetensi karyawan, reputasi manajemen, kelompok
acuan, kredibilitas, reliabilitas, dan kepastian dengan loyalitas
nasabah dan untuk mengetahui dad variabel-variabel tersebut di atas yang
dominan berhubungan terhadap loyalitas nasabah. Penelitian ini
dilakukan di Kotamadya Semarang dengan mengambil obyek nasabah tabungan
EximSave PT Bank Mandiri (Persero) eks BankExim Cabang Semarang.
Penelitian dilaksanakan dengan metoda survai pada 2 (dua) kantor cabang
pembantu BankExim Cabang Semarang, yaitu Kantor Cabang Pembantu
Semarang-Pahlawan dan Semarang-Mataram yang terpilih melalui primary
sampling unit secara random. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik
wawancara menggunakan daftar pertanyaan kepada responden terpilih
sebanyak 125 responden, yang dilaksanakan pada bulan Agustus sampai
dengan September 1999. Teknis analisis data menggunakan rank Spearman.
Dari hasil analisis dengan menggunakan program SPSS menunjukkan bahwa
variabel akses, komunikasi, kompetensi karyawan, reputasi manajemen,
kelompok acuan, kredibilitas, reliabilitas, dan kepastian mempunyai
hubungan positip dengan loyalitas nasabah masing-masing berkisar 0,458
sampai 0,967. Variabel akses mempunyai hubungan yang paling dominan
dengan loyalitas nasabah yaitu sebesar 0.967 dan variabel reputasi
manajemen mempunyai hubungan yang rendah yaitu 0,458. Dengan demikian
loyalitas nasabah tabungan EximSave PT Bank Mandiri (Persero) eks
BankExim cabang Semarang dapat ditingkatkan dengan melakukan perbaikan
pada variabel-variabel dimensi kualitas tersebut di atas.
No comments:
Post a Comment